Get Out There And Shine™

Tata Cara Pemasangan dan Pelepasan Sabuk Pengaman Perlu Kita Ketahui

Tata Cara Pemasangan dan Pelepasan Sabuk Pengaman Perlu Kita Ketahui

Dalam komponen mobil, sabuk pengaman atau seatbelt menjadi salah satu komponen penting yang harus tersedia di mobil saat ini. Dengan penggunaan peranti tersebut, pengemudi ataupun penumpang bisa meminimalisasi cedera berat atau meninggal dunia saat terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, harus dipahami bahwa menggunakan sabuk pengaman bukan sekadar untuk mematuhi aturan lalu lintas, tapi juga untuk melindungi keselamatan diri. Sabuk pengaman wajib dikenakan dengan baik dan benar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat kecelakaan.

Sayangnya, masih saja ada beberapa orang yang salah mengenakan sabuk pengaman atau seatbelt. Padahal, hal tersebut bisa berbahaya karena sabuk pengaman yang tidak terpasang dengan benar akan mengurangi tingkat keamanannya.

Sebelum membahas tentang cara melepas sabuk pengaman, Anda harus tahu lebih dulu bagaimana cara memasang sabuk pengaman yang benar.

1. Pemasangan sabuk pengaman tiga titik

Penggunaan model sabuk pengaman tiga titik ini banyak ditemukan pada mobil-mobil keluaran sekarang. Memasang sabuk pengaman model ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Pertama-tama, Anda cukup menarik sabuk dari holder. Tarik hingga sabuk bagian bahu mencapai pinggang. Pastikan sabuk tidak melilit leher atau menyelip dari bahu.

Kemudian, lihat sabuk bagian bawah yang posisinya horizontal. Pastikan sabuk bagian bawah tersebut terpasang melintasi pinggang Anda. Atur posisinya agar tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi (biasanya sejajar dengan pinggul). Cek kembali apakah ada bagian yang terpelintir.

Anda juga sebaiknya mengatur ketinggian serta kemiringan sandaran tempat duduk. Atur tempat duduk agar Anda bisa tetap duduk tegak selama mengemudi.

2. Pemasangan sabuk pengaman dua titik

Selain sabuk pengaman model tiga titik, ada juga mobil yang menggunakan sabuk pengaman dua titik. Biasanya, sabuk pengaman model ini ditemukan pada tempat duduk penumpang, terutama yang letaknya di tengah. Sabuk pengaman jenis ini juga umum ditemukan pada moda transportasi lainnya seperti pesawat terbang.

Memasang sabuk pengaman dua titik juga tidak sulit. Langkah pertama adalah dengan menarik sabuk pengaman hingga melintang sejajar dengan pinggul Anda.

Sebelum memasangkan sabuk, Anda juga bisa mengatur posisi tempat duduk terlebih dahulu. Setelah terasa nyaman, Anda bisa masuk ke langkah kedua, yakni memasang sabuk pengaman hingga terdengar bunyi klik. Pastikan sabuk tidak terpelintir saat Anda memasangnya.

Melepas sabuk pengaman mobil dengan baik

Sekarang mari membahas cara melepas sabuk pengaman mobil. Meski sebenarnya sederhana, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang benar saat melepas sabuk pengaman. Hindari menarik sabuk pengaman hingga badan Anda terlepas. Cara seperti ini hanya akan membuat sabuk pengaman cepat rusak.

Cara melepas sabuk pengaman mobil yang benar adalah dengan menekan tombol pengunci. Cukup dengan menekan satu tombol ini, maka sabuk pengaman akan otomatis terlepas. Jika terasa sulit atau sabuk tetap tidak terlepas setelah menekan tombol, hindari untuk menarik sabuk dengan paksa.

Coba geser bagian bawah sabuk yang masuk ke tombol pengunci. Setelah itu, coba tekan kembali tombol pengunci. Hal ini bisa terjadi karena sabuk pengaman Anda tersangkut pada pengunci.

Meski sebenarnya sederhana dan mudah dilakukan, masih banyak orang yang mengabaikan cara memasang dan melepas sabuk pengaman mobil dengan benar. Akibatnya, sabuk pengaman tidak bisa memberikan keamanan dengan maksimal. Mudah-mudahan setelah menyimak artikel ini, Anda bisa jadi lebih paham pentingnya sabuk pengaman dan tata cara pemakaiannya.

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.