Get Out There And Shine™

Stellantis, Nama Baru Hasil Merger Fiat, Chrysler, dan Peugeot

Stellantis, Nama Baru Hasil Merger Fiat, Chrysler, dan Peugeot

Sahabat Oto… Tiga produsen mobil dari tiga negara yaitu Fiat (Italia), Chrysler (Amerika Serikat, AS), dan Peugeot SA (Prancis) akhirnya menyelesaikan merger dan kini menjadi satu group perusahaan otomotif.

Mereka perusahaan tersebut sepakat menggunakan nama baru, Stellantis, dan tampil menjadi grup otomotif terbesar keempat di dunia yang akan menjadi pesaing bagi Toyota dan Volkswagen. 

Ketiga perusahaan otomotif lintas Negara ini pertama kali mengumumkan rencana bergabung pada Oktober 2019. Dengan penggabungan itu, grup otomotif tersebut bisa mencatatkan penjualan sekitar 8,1 juta unit mobil. Butuh lebih dari satu tahun bagi produsen ketiga mobil itu menyelesaikan kesepakatan bernilai 52 miliar dolar AS. Kesepakatan itu molor karena ekonomi global terhambat oleh pandemi.

Lalu bagaimana pengaruhnya merger ini dengan dunia otomotif tanah air??

PT Astra International Tbk-Peugeot Sales Operations, distributor mobil-mobil Peugeot di dalam negeri, menjelaskan merger prinsipal Peugeot Citroen (PSA) dengan Fiat Chrysler (FCA) tak akan berpengaruh banyak pada bisnis di Indonesia. Merger PSA dan FCA menghasilkan grup baru bernama Stellantis yang ditargetkan sebagai grup otomotif terbesar keempat di dunia.

PSA dan FCA sebelumnya menjelaskan merger tak akan mengubah bisnis merek-merek otomotif yang sudah ada di bawah payung dua grup otomotif ini. Stellantis menaungi merek-merek seperti Abarth, Alfa Romeo, Chrysler, Citroën, Dodge, DS, Fiat, Jeep, Lancia, Maserati, Opel, Peugeot, Ram, dan Vauxhall.

Wakil bisnis Peugeot di Indonesia bukan hanya Astra International Tbk-Peugeot Sales Operations, peran Agen Pemegang Merek pada merek asal Prancis ini dikendalikan oleh PT Tjahja Sakti Motor. Menurut Rokky merger juga tidak mempengaruhi soal logo, misalnya jadi menampilkan logo Stellantis. 

DR OTO
DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.