Get Out There And Shine™

PLN Bali Gandeng Komunitas Otomotif untuk Memasyarakatkan Kendaraan Listrik

PLN Bali Gandeng Komunitas Otomotif untuk Memasyarakatkan Kendaraan Listrik

Ada gebrakan baru dari PLN Bali untuk memasyarakatkan kendaraan listrik. Bila sebelumnya dikenal istilah Sunmori alias Sunday Morning Ride yang ngetop di kalangan biker, kekinian, kini ada “Afternoon Cruisin”. Bukan sembarang kegiatan cruising, kegiatan ini adalah wadah untuk mengenalkan kendaraan listrik lebih dekat ke berbagai kalangan, termasuk lewat komunitas otomotif.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT PLN (Persero) UID Bali menggandeng Komunitas Dewata EV Association untuk bekerja sama mempopulerkan kendaraan bertenaga listrik. Caranya, ikut ambil bagian dalam ajang Mototribe Show yang diselenggarakan di kawasan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

“Kami berharap agar acara ini mampu memberikan kontribusi untuk kebangkitan ekonomi Bali melalui industri otomotif,” jelas Manager Pemasaran PLN UID Bali, Oscar Praditya via keterangan tertulis, Minggu (27/6/2021).

Dalam kesempatan itu, PLN & DEVA memamerkan kendaraan listrik untuk semakin memasyarakatkan electrifying lifestyle. Oscar Praditya mengatakan bahwa pihaknya mengajak masyarakat untuk mencoba kendaraan listrik melalui kegiatan test drive yang disediakan dalam acara. Tujuannya siapa saja yang mencoba bisa mengetahui keistimewaan dari kendaraan ramah lingkungan tadi. Inilah Afternoon Cruisin dengan menjajal sepeda motor listrik.

“Kami telah menggandeng berbagai pihak seperti Gesits, Makara, United T1800, BF Goodrich, Selis dan Viar yang telah menyediakan kendaraannya,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan Komunitas Motor Listrik Indonesia Peter Kho menjelaskan, saat ini Indonesia adalah negara importir minyak di mana sebagian APBN dibebankan untuk mendatangkan minyak dari luar negeri.

“Indonesia bukan lagi negara eksportir, sehingga kondisi itu membebani APBN kita. Jika masyarakat banyak yang beralih ke kendaraan listrik, maka APBN bisa surplus dan anggaran dapat dimanfaatkan untuk alokasi lainnya yang lebih bermanfaat,” jelas Peter Kho.

Selain itu, banyak manfaat yang dapat dirasakan jika masyarakat beralih ke kendaraan listrik. Antara lain adalah menurunnya polusi udara dan polusi suara.

“Industri kendaraan listrik ini sudah didukung Pemerintah, dan PLN sebagai salah satu penggeraknya juga telah menyediakan infrastruktur charging station yakni SPKLU yang memudahkan pengendara listrik untuk mengisi ulang daya,” lanjutnya.

Di acara Mototribe Show Bali, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga meninjau booth pameran kendaraan listrik.

“Saya mengapresiasi PLN telah berperan aktif dalam industri kreatif dalam mendorong perkembangan electric vehicle khususnya konversi kendaraan motor menjadi listrik,” demikian ungkapnya menanggapi kehadiran sepeda motor bertenaga energi bersih ini.

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.