Get Out There And Shine™

Pemprov NTB Bertanggung Jawab Penuh pada Gelaran Balap Pertama di Sirkuit Mandalika

Pemprov NTB Bertanggung Jawab Penuh pada Gelaran Balap Pertama di Sirkuit Mandalika

Karena pelaksanaan gelaran balapan pertama sudah semakin dekat, sejumlah persiapan telah dilakukan jelang gelaran balap perdana di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Untuk mematangkan persiapan, Gubernur NTB bersama jajaran OPD lingkup Provinsi telah melakukan rapat menjelang gelaran balap perdana ini.

Dalam rapat itu, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyerahkan pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 ke Pemprov NTB.

IATC 2021 di sirkuit Mandalika adalah gelaran balap perdana yang akan digelar sebelum WorldSBK Indonesia 2021 pada November mendatang.

MGPA juga sepenuhnya menyerahkan pelaksanaan IATC 2021 ke Pemprov NTB dengan beberapa catatan.

Pertama, Pemprov harus bertanggung jawab atas keamanan fasilitas di arena sirkuit Mandalika selama gelaran berlangsung.

Kedua, kebersihan di arena sirkuit juga harus dijaga dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada seluruh penonton.

Penonton yang akan menyaksikan balapan wajib menunjukan bukti telah menerima dua kali dosis vaksinasi dan melakukan rapid antigen.

Terkait hal itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, jumlah penonton IATC diperkirakan mencapai 15 ribu orang.

“Yang ditangani oleh Dorna hanya event WorldSBK dan MotoGP, sedangkan IATC diserahkan pelaksanaannya sepenuhnya kepada pemerintah daerah,” jelas Zulkieflimansyah.

Oleh sebab itu, seluruh OPD terkait lingkup Provinsi NTB diminta mengambil bagian mensukseskan pelaksanaan event tersebut.

“Event ini merupakan ajang memperkenalkan kepada pelajar, untuk memberikan kesempatan kepada junior dan memancing minat mereka terhadap dunia motor sport,” kata Zul.

Untuk mengantisipasi tinggi jumlah penonton yang hadir, gubernur meminta agar standarisasi protokol keamanan dan protokol kesehatan di event IATC disamakan dengan WorldSBK.

Gubernur NTB berharap, event perdana di sirkuit mandalika bisa terselenggara semeriah mungkin.

Event ini juga dijadikan ajang pameran produk lokal UMKM NTB, seperti produk sektor kesehatan, motor listrik dan berbagai jenis produk-produk lokal NTB.

Sebelum event IATC dilaksanakan, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB akan mengerahkan siswa-siswi SMA/SMK untuk melakukan pembersihan dan kegiatan penghijauan di sekitar sirkuit.

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.