Get Out There And Shine™

Menjaga Kondisi Saringan Udara, Kunci Motor Matic Tampil Prima

Menjaga Kondisi Saringan Udara, Kunci Motor Matic Tampil Prima

1. Cek Kondisi Penyaring Udara Lewat Slang Bening

Jika kita perhatikan, ada slang bening yang terdapat pada ujung kotak penyaring udara motor matic Anda. Awalnya, Anda mungkin akan mengira bahwa benda ini tidak ada fungsinya. Namun, jangan pernah melepas slang bening tersebut. Fungsi dari slang bening ini untuk melihat kebersihan filter udara ataupun indikator jika seandainya boks filter udara kemasukan oli atau air.

Contohnya, jika filter udara sudah kotor ataupun ada bagian boks filter yang kurang terpasang rapat, slang bening ini bakal tampak kotor atau berdebu. Sedangkan jika slang bening terlihat terisi air atau oli, segera periksa kondisi filter udara dan ganti apabila elemen filter dalam keadaan basah atau menghitam. Sebab adanya air atau oli di slang bening buntu itu menandakan kalau kotak filter udara sudah tercemar oleh air atau oli.

2. Jangan Cuci Saringan Filter Udara

Sebagian besar filter udara motor saat ini enggak bisa dicuci lagi sehingga kalau kotor harus diganti dengan yang baru. Penyaring udara di motor matic zaman sekarang berbeda dengan filter udara motor zaman dulu yang masih bisa dicuci dengan sabun colek dan air jika kotor. Sebagian besar motor saat ini sudah menggunakan filter udara jenis kering. Pada filter udara kering ini terdapat viscous element, elemen atau lapisan ini berperan penting menyaring kotoran dari udara sebelum masuk ke ruang bakar.

Viscous element ini dapat hilang atau rusak kalau filter udara kering dibersihkan dengan air dan sabun. Bahkan, hanya dengan disemprot dengan angin kompresor pun elemen penahan kotoran ini akan rusak. Jadi, sekarang paham ya kenapa filter udara di motor keluaran terbaru sudah tidak boleh dicuci, bahkan disemprot pakai angin kompresor.

3. Pastikan Saringan Udara Selalu Bersih

Saluran udara yang kotor akan mempengaruhi tarikan motor. Konsumsi bensin motor matic yang jadi lebih boros tidak selalu disebabkan oleh gaya berkendara. Konsumsi motor matic jadi boros juga bisa disebabkan komponen penyaring udara yang mulai kotor.

Filter udara yang kotor membuat udara yang masuk ke ruang bakar jadi terhambat. Dengan kata lain, volume udara yang masuk ke ruang bakar tidak sebanyak ketika filter udara masih bersih. Hal itu membuat proses pembakaran jadi tidak  sempurna, banyak bahan bakar yang masuk ke ruang bakar enggak terbakar sempurna. Selain itu, filter udara yang terhambat atau tersumbat oleh kotoran membuat tarikan motor matic jadi berat, imbas proses pembakaran yang enggak sempurna.

Semoga jika kalian memahami dan mempraktikkan tips di atas performa motor matic-mu jadi makin mantap ya!

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.