Get Out There And Shine™

Mengapa Saat Musim Hujan Jamur Kaca Menyerang?

Mengapa Saat Musim Hujan Jamur Kaca Menyerang?

Sahabat oto… Setiap musim hujan datang, banyak pemilik mobil yang menjadi parno dengan hadirnya jamur yang biasanya akan menyerang ekterior dan lebih jelas terlihat pada bagian kaca sehingga sering disebut dengan jamur kaca.

Jamur sering muncul dikala musim hujan terutama di bagian kaca baik itu kaca depan, samping, maupun belakang. Dan tentunya akan semakin parah jika pemilik kendaraan acuh terhadap kondisi kendaraannya.

Hujan dan jamur memiliki hubungan yang sangat erat. Jamur akan muncul karena selepas hujan biasanya sisa-sisa air yang berada pada ekterior mobil tidak langsung dibersihkan atau dilap kering.

Selain hujan, jamur akan mudah muncul pada ekterior mobil juga bisa dipicu karena kualitas air yang dipakai untuk cuci mobil. Misalnya air yang digunakan itu air tanah dan memiliki kandungan kapurnya cukup tinggi, maka kemungkinan untuk timbulnya jamur akan semakin besar.

Begitu juga ketika kita mencuci dengan menggunakan air tanah yang mengandung unsur besi kuning serta air tanah yang mengandung garam. Jamur kaca akan tumbuh dengan subur dan akhirnya membuat kaca menjadi kusam.

Meski terlihat sepele karena tidak mengganggu penampilan mobil secara keselurah disaat kondisi cerah, jamur kaca ini akan sangat mengganggu ketika mengendarai kendaraan disaat hujan di malam hari karena pandangan ke depan akan menjadi silau karena cahaya dari kendaraan lain akan berpendar ketika bertemu dengan kaca yang sudah terlapisi jamur.

Bisa sahabat oto bayangkan tentunya jika kondisi ini terus dibiarkan, Sahabat Oto akan kesulitan untuk melihat kondisi luar yang kondisi ini akan mengancam keselamatan berkendara.

Untuk menghindari ancaman jamur kaca tersebut, biasakan untuk selalu membilas mobil Sahabat Oto setelah kehujanan hal ini karena air hujan mengandung zat asam yang dikandung air hujan dapat merusak lapisan cat mobil.

Selain itu, untuk mencegah timbulnya jamur adalah dengan parkir di tempat yang teduh dan beratap. Sembarangan dalam memilih tempat parkir, seperti di tempat yang lembab, dapat membuat debu dan kotoran menempel. Jika dibiarkan terlalu lama, debu yang menempel ditambah cuaca lembab akan menyebabkan kaca mobil cepat berjamur.

Lalu bagaimana jika di mobil sahabat oto sudah mulai muncul jamur??

Untuk menghilangkan jamur yang sudah membandel, sambil mengisi akhir pekan atau libur panjang Sahabat Oto bisa melakukan perawatan mobil Sahabat Oto dengan membersihkan jamur tersebut menggunakan compound dengan cara memolesnya memutar untuk menghilangkan jamur tadi.

Lakukan proses penghilangan jamur tersebut secara merata sampai seluruh jamur yang menempel hilang.

Kemudian ketika jamurnya sudah hilang jangan lupa untuk melakukan perawatan pencegahan timbulnya jamur kembali dengan cara menggunakan wax agar kotoran dan air tidak mudah menempel dan jangan lupa tips sebelumnya yaitu selalu membilas mobil ketika sudah melewati hujan.

DR OTO
DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.