Get Out There And Shine™

Lakukan Ini Supaya Volume Oli Mesin Tidak Raib!

Lakukan Ini Supaya Volume Oli Mesin Tidak Raib!

Bagi para pengendara motor yang penggunaan hariannya bisa mencapai jarak kilometer yang banyak, ada sebuah kendala yang sering meneror, yaitu oli mesin yang volumenya berkurang. Ada tips menarik nih! Tips ini seharusnya diketahui para pejuang rupiah yang setiap hari berjibaku cari orderan dengan motornya alias para pengemudi ojek online (ojol). Beberapa hal di bawah ini bisa kalian lakukan agar oli mesin di motor yang kalian gunakan tidak gampang habis.

Motor yang dipakai untuk ojol umumnya menempuh jarak penggunaan harian yang lebih tinggi dibanding motor yang digunakan untuk kegiatan biasa. Hal itu sering kali membuat oli mesin motor cepat rusak bahkan volumenya berkurang, apalagi kalau mesinnya minim perawatan.

Supaya oli mesin tidak banyak berkurang ketika dipakai mencari cuan atau saat kebutuhan jelajah tinggi tiap hari, coba perhatikan tips dan trik berikut ini!

1. Gunakan Oli Mesin yang Punya Kekentalan Tinggi

Saran penggunaan oli mesin yang lebih kental buat motor yang sering daya jelajahnya tinggi atau motor-motor andalan para pengemudi ojol bukannya tanpa alasan. Oli mesin yang lebih kental itu lebih tahan gempuran panas sehingga kalau digunakan perjalanan jarak jauh minim penguapan. Hal ini pun sudah teruji, menurut penuturan beberapa mekanik di beberapa bengkel, penggunaan oli dengan kekentalan tinggi ketika diganti per 2.000 km, volume olinya masih cukup banyak.

Perlu diketahui, contoh oli mesin motor matic bawaan pabrik adalah SAE 10W-30 (Honda) dan 10W-40 (Yamaha). Jika mau oli mesin lebih awet dan tidak gampang habis, sebaiknya pakai oli mesin dengan kekentalan 20W-40.

2. Sering Cek dan Merawat Mesin Rutin

Perlu diingat juga, kita pun harus rutin melakukan servis berkala. Jadi, tidak serta merta dengan memakai oli mesin yang lebih kental motor kita akan aman. Jika tidak melakukan servis dan pengecekan berkala, mesin motor pasti kurang enak dan akan timbul risiko kerusakan. Minimal sering periksa kualitas dan ketinggian volume oli mesin motor, apalagi kalau kalian sering menempuh jarak yang jauh.

Nah, mudah-mudahan beberapa tips dan trik di atas bisa membantu kalian supaya saat ganti oli mesin volume oli mesin kalian enggak tiris ya!

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.