Get Out There And Shine™

Estetika Jalan Menuju Sirkuit Mandalika Jadi Prioritas Kementrian PUPR

Estetika Jalan Menuju Sirkuit Mandalika Jadi Prioritas Kementrian PUPR

Belakangan ini, Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) jadi sorotan bagi Kementerian PUPR.

Maklum saja, Jalan Bypass BIL-Mandalika masih perlu menjadi prioritas pengembangan karena dianggap masih perlu ditata lagi agar terlihat bagus sebelum ajang MotoGP 2022 dimulai.

Pengembangan yang akan dilakukan adalah dengan melakukan penghijauan di sisi jalan dan penataan koridor jalan termasuk frontage, bahu jalan, dan drainasenya.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, bahkan sampai mengatakan kalau jalan ini bakal jadi salah satu contoh jalan nasional dengan penataan yang baik.

Untuk itu, ia meminta agar penataan Jalan Bypass BIL-Mandalika bisa dikerjakan secara serius.

“Perhatikan betul pengawasan lansekap, arsitek dan sentuhan seninya supaya bisa dapat kesan indahnya,” katanya, dikutip dari Pu.go.id.

Adapun penataannya dilakukan mulai dari Bundaran Sunggung Bypass BIL-Mandalika hingga Bundaran Tri Putri di Jalan Nasional Sengkol-Kuta.

Penataan akan dilakukan dalam 3 segmen dengan skala prioritas segmen 2 yang dimulai dari SPBU Pertamina hingga pertigaan pintu masuk VVIP Sirkuit Mandalika sejauh 1,65 Km.

Rencananya, pengerjaannya meliputi pelebaran jalan, termasuk jalur pedestrian, badan jalan dan median.

Lalu pelebaran jalan eksisting dengan menambah lajurnya menjadi 4 lajur, pembuatan aluran drainase dan perbaikan jalan eksisting.

Selain Jalan Bypass BIL-Mandalika, perbaikan jalan juga dilakukan pada ruas jalan Kuta-Kruak sejauh 5,3 Km.

Dengan diperbaikinya jalan tersebut, maka akses kendaraan menuju Sirkuit Mandalika bisa semakin mudah nantinya.

Perlu diketahui, Jalan Bypass BIL-Mandalika punya bentang jalan sejauh 17,3 Km.

Pengerjaan konstruksi jalannya memang sudah selesai dan sempat dimanfaatkan untuk akses kendaraan ke Sirkuit Mandalika saat World Superbike (WorldSBK) Indonesia 2021 digelar pada November 2021.

DR OTO CLUB, merupakan media online yang mambahas tentang tip dan trik seputaran otomotive, serta mengulas produk – produk berkualitas yang berhubungan dengan dunia otomotive, mulai produk untuk mesin, bodi interior dan interior.