Get Out There And Shine™

Turtle Wax FAQs Tips & Tricks

Pencucian Mobil

Untuk memperoleh hasil terbaik dari wax mobil, perlu terlebih dahulu mencuci mobil guna menghilangkan kotoran (debu dan lumpur). Kelalaian melakukan hal ini dapat mengakibatkan goresan saat waxing karena adanya partikel abrasif tanah, pasir maupun debu dari jalan. Mencuci juga efektif untuk menghilangkan residu dari asap kendaraan dan industri, kotoran burung dan aspal jalan.

Pakailah Turtle Wax ICE Car Wash. Shampo mobil yang pH balanced, tidak mengangkat cat dan bahkan mengkilaukan cat. ICE Car Wash sangat kental dan berbusa selama pemakaian.

Tips dan Trik bermanfaat:

* Untuk mencegah goresan sebaiknya menggunakan dua sepon. Satu sepon untuk daerah kotor, satu sepon lagi untuk bagian bersih.

* Jangan lupa membersihkan daerah cat yang tersembunyi saat pintu ditutup, tailgate, boot atau topi.

* Keringkan mobil dengan kain microfiber atau chamois supaya tidak tertinggal noda air. Mulai dari bagian yang atas atau lebih bersih dan ingat untuk membilas kain tersebut supaya selalu bersih.

* Setelah mencuci,  kendarai mobil sejenak untuk memastikan rem kering dan mencegah korosi akibat endapan air.

Roda dan Ban

Velek dan Ban adalah bagian mobil yang sulit dijaga agar tetap bersih dan mengkilap. Hal itu karena velek dan ban paling dekat dengan permukaan jalan, sehingga perawatan velek dan ban  menjadi lebih kompleks dalam beberapa tahun terakhir dengan pertumbuhan popularitas velek krom dicat, plastik ABS dop roda dan roda mag. Masing-masing dari permukaan sensitif ini membutuhkan produk khusus yang diformulasikan untuk memberikan pembersihan maksimal tanpa menyebabkan kerusakan pada permukaannya.

Tips dan Trik bermanfaat:

* Bersihkan velek dari sisa debu rem dengan sikat berbulu kaku

Waxing dan Polishing

Car Wax dan Polishing memiliki tiga manfaat utama: membersihkan lapisan cat mobil, memberikan efek kilau yang cemerlang, dan melindungi permukaan cat terhadap cuaca yang tidak menentu. Kebanyakan dari car wax / polishing mengandung bahan abrasif yang sangat ringan (Kecuali Turtle Wax ICE ® Series), bersama dengan bahan kimia agen pembersih, pelumas dan pengkilap. Unsur abrasif bertujuan menghilangkan oksidasi pada permukaan cat dan meninggalkan efek kilau yang cemerlang.

Tips dan Trik bermanfaat:

* Hindari penggunaan wax pada permukaan cat mobil yang sulit digosok.

* Suhu lingkungan yang ideal saat memoles mobil adalah antara 13 ˚ C – 30 ˚ C.

* Aplikasikan selalu wax pasta dengan tipis.

* Kain mikrofiber sangat cocok untuk proses pemolesan karena fiber yang sangat banyak dan tidak membaret permukaan mobil.

* Jangan aplikasikan wax mobil langsung di bawah sinar matahari (kecuali anda menggunakan produk Turtle Wax ICE ® Series) terutama pada permukaan cat yang gelap, ini membuat pengangkatan sisa wax yang menempel pada cat sulit dilakukan.

* Wax mobil pada permukaan cat yang telah dicuci terlebih dahulu.

Perawatan Kaca

Setelah cat, ada permukaan terbesar di mobil Anda, tepat di depan hidung Anda, namun mungkin yang paling sering diabaikan. Kebanyakan dari kita memberi sedikit perhatian pada kaca depan dan jendela saat membersihkan, hanya berpikir shampo dan sepons sudah cukup melakukannya . Nah, untuk wiper agar bekerja dengan baik, kaca depan harus bebas dari silikon, mencuci saja tidak selalu dapat membersihkannya.

Tips dan Trik bermanfaat:

* Buka jendela beberapa inci untuk membersihkan tepi atas

* Kaca tidak hanya berarti jendela – jangan lupa untuk membersihkan kaca bagian belakang dan sisi kaca belakang.

* Pakailah Turtle Wax ICE Spray Wax untuk melindungi kaca Anda dari “jamur” dan menangkal air hujan seperti daun talas. Turtle Wax ICE Spray Wax aman untuk semua permukaan eksterior mobil termasuk kaca dan karet wipe.

Interior / Upholstery

Mempertahankan bagian dalam mobil agar tidak kotor seperti luar memang sangat sulit, termasuk seperti  permukaan interior termasuk jok vinil, kain dan kulit, karpet, plastik karet dan dashboard.

Tips dan Trik bermanfaat:

* Sebelum membersihkan bagian ini, kami sarankan gunakan vacuum terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran terutama pada lipatan kain pelapisnya

* Setelah Anda selesai membersihkan kain kursi, pastikan Anda memberikan waktu untuk pengeringan agar tidak lembab

* Untuk mendapatkan headlining yang terbaik, sepons kasar dekorator adalah alat yang sempurna untuk membantu proses pembersihan

Turtle Wax ICE ® Interior Cleaner and Protector aman untuk seluruh permukaan interior mobil termasuk plafon bludru, dasbor termasuk head unit LCD, plastik, jok kulit dan vinil, dan karpet. Produk tersebut tidak berminyak, lengket maupun mengkilap.

Rubbing & Polishing Compounds

Beberapa dari Anda mungkin berpikir untuk mengecat kembali mobil anda padahal semua yang Anda butuhkan hanya penyelamatan cat agar tampil baru. Yang Anda butuhkan adalah rubbing dan polishing compound dengan kualitas yang baik. Rubbing dan polishing compound menggosok lapisan atas pada lapisan cat yang teroksidasi dan mengembalikan kondisi cat seperti pertama kali keluar dari pabrik.

Tips dan Trik bermanfaat:

* Rubbing Compounds mengandung bahan abrasif untuk mengikis oksidasi. Polishing compounds bersifat kurang abrasif dan biasanya digunakan untuk menghilangkan oksidasi ringan dan goresan ringan.

* Jangan biarkan compound  mengering di cat! Air dan minyak dalam compound adalah kunci untuk pelumasan dari bahan pembersih di compound. Compound yang telah mengering akan sulit untuk dihilangkan.

* Gunakan compound dengan aplikator basah atau kain dan seka segera.

* Setelah menggunakan rubbing compound, selalu gunakan poloshing compound untuk hasil optimal. Setelah itu, poleskan wax untuk melindungi daerah tersebut.

* Hindari Compound “Kilo-an” atau compound murah yang banyak solvent/ alkoholnya. Compound tersebut sangatlah tajam dan berbahaya untuk lapisan cat mobil Anda. Ciri-ciri dari compound tersebut adalah bau yang menyengat, ada selapis cairan solvent di atasnya dan biasanya menggunakan kaleng (dikarenakan solvent akan memakan wadah plastik).

Apa bedanya antara Chamois dan Microfiber?

Chamois terbuat dari bahan natural ataupun sintetis seperti PVA (Polyvinyl Alcohol) dipakai untuk mengeringkan mobil setelah mobil di cuci. Pilih Chamois yang tebal dan mempunyai daya serat yang kuat. Cucilah Chamois dengan sering supaya kotoran yang menempel tidak membaret permukaan mobil.

Microfiber adalah kain yang berdasar dari Polyester dan Polyamide ataupun Polypropylene yang biasanya berbulu. Gunakan microfiber untuk penggunaan pembersihan (interior dan eksterior) maupun pemolesan. Microfiber yang berbulu dapat mempercepat dan mempermudah pengerjaan dan melindungi mobil dari baretan halus karena kotoran/ debu masuk ke sela-sela kain.

Pilihlah Microfiber yang tebal dan berat. Cuci microfiber dengan sabun halus seperti sabun tangan dan keringkan di dalam ruangan supaya tidak terkenai debu.