Get Out There And Shine™

Turtle Wax FAQs Car Wax

Apa yang dapat saya lakukan agar warna cat pada tutup truk yang terbuat dari bahan fiberglass dapat kembali cemerlang?

Oksidasi yang disebabkan oleh sinar matahari, debu dan asap kendaraan dapat membuat cat kusam dan pudar. Supaya tutup truk yang telah dilapisi cat dan pernis kembali cemerlang, poles dengan Turtle Wax Polishing Compound secara merata. Apabila oksidasi parah gunakan Turtle Wax Rubbing Compound setelah itu poles dengan Turtle Wax ICE Liquid Wax atau ICE Paste Wax agar cat tetap cemerlang dan terproteksi dari cuaca.

Bolehkah produk-produk wax/polish digunakan pada permukaan kaca serat (fibreglass)?

Kaca serat dilapisi dengan lapisan “gel” yang memperkuat material kaca serat tersebut. Damar ini mirip dengan cat dan rentan akan oksidasi, goresan, noda dan goresan lingkungan normal. Kami merekomendasikan untuk mengaplikasikan Turtle Wax ICE® Liquid Wax atau ICE Paste Wax secara rutin pada kaca serat (fibreglass) ( 2- 4 kali setahun ) untuk mempertahankan kebersihan, kilauan dan perlindungan pada lapisan gel.

Wax atau polish manakah yang paling baik untuk digunakan untuk berbagai keperluan?

Wax paling baik digunakan untuk berbagai keperluan karena mengandung perfect shine atau zat pelindung dan pembersih yang dapat digunakan pada kapal, mobil, sepeda, peralatan rumah tangga, patio furniture dan lain-lain.

Turtle Wax ICE Spray Wax adalah wax yang paling mudah dan aman untuk semua permukaan termasuk furniture dan kapal. Produk tersebut mengkilapkan dan memberi lapisan pelindung dari kotoran dan cuaca.

Bagaimana pemilik mobil mengetahui kapan waktu untuk mereka me- wax kendaraan mereka?

Di zaman sekarang, kendaraan  perlu di wax minimum dua kali setahun untuk mempertahankan atau mengembalikan kembali sinar kilauan cat kendaraan seperti orisinal. Lapisan cat mobil saat ini tidak memberikan “signal” bahwa mereka perlu di wax atau di semir, tidak seperti mobil pada beberapa tahun silam. Lapisan cat mobil dari tahun 80an atau awal tahun 90an lebih condong ke penampilan yang dull atau pudar pada permukaan kendaraan. Ini memberikan tanda bahwa mobil memerlukan perawatan yang intensif.

Mobil zaman sekarang jarang menunjukkan ciri-ciri yang jelas seperti itu. Lapisan cat akan pelan-pelan menurun dan kehilangan ciri –ciri kilauan. Hal ini sulit untuk dilihat pada mobil yang berwarna muda dan dapat memberikan penampilan yang pudar, samar-samar pada mobil-mobil yang berwarna gelap. Kilauan pada mobil akan hilang secara perlahan, tanpa di sadari oleh pemilik mobil tersebut. Cat mobil yang tidak terawat akan mempercepat timbulnya bercak/ jamur air, yang diakibatkan oleh kontaminasi dari lingkungan sehari-hari, baret-baret halus dan permukaan yang kasar sewaktu di pegang. Penampilan yang tidak kilau/cerah lebih lagi bila kendaraan diparkir di sebelah mobil baru.

Kendaraan yang mempunyai keadaan diatas biasanya memerlukan beberapa langkah-langkah untuk mengembalikan “wajah baru”. Berikut adalah cara untuk menentukan kondisi mobil anda.

Langkah pertama: Cuci kendaraan dengan bersih menggunakan Turtle Wax ICE® Car Wash dan bilas. Perlu diperhatikan cara untuk membilas setelah dicuci. Siram kendaraan dengan air sampai bersih.

Langkah Kedua: Setelah cuci, keringkan dengan PVA Chamois yang bersih. Turtle Wax ICE® Spray Detailer atau Turtle Wax Black Detailer (untuk mobil berwarna hitam) atau Turtle Wax ICE® Synthetic Wax dapat digunakan (dengan kain mikrofiber) untuk meningkatkan kilauan pada mobil.

Jika kain mikrofiber susah untuk digunakan dan lapisan cat memiliki permukaan yang kasar, maka beberapa langkah atau cara harus dilakukan untuk mengembalikan lapisan cat mobil ke kondisi baru.

Langkah ketiga: Pilih produk yang benar. Untuk mobil baru atau yang dengan perawatan yang baik, berikut adalah cara untuk program perawatan mobil yang efektif. Ada baiknya untuk memulai waxing dua bulan setelah tanggal produksi (Cat baru memerlukan waktu untuk dirawat dengan baik sebelum di wax kembali). (Kebanyakan kendaraan-kendaraan baru “on the dealers’s lot” akan lebih tua dari satu sampai dua bulan). ICE Paste Wax harus digunakan setipis mungkin dan secara keseluruhan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan Wax cair dapat digunakan lebih tebal daripada paste wax, kira-kira 30ml cairan diperlukan untuk me-wax mobil yang berukuran sedang. Dan untuk mempermudah, wax satu per satu bagian. Sewaktu wax mulai kering, bersihkanlah produk yang tersisa dengan kain microfiber ketika produk mulai berubah dari bening ke putih sebelum pindah ke bagian yang lain. Waxing akan lebih mudah jika dilakukan seperti itu.

Mobil baru seharusnya dicuci minimum setiap 1 minggu sekali. Kami menemukan bahwa aspal jalan dan polusi lingkungan dapat meninggalkan noda pada cat baru. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencuci dan me-wax dengan rutin. Ada baiknya juga menggunakan Turtle Wax ICE® Synthetic Detailer atau Turtle Wax Black Detailer (untuk mobil berwarna hitam) atau Turtle Wax ICE® Synthetic Wax setelah cuci untuk meningkatkan kilauan pada mobil dan melindungi wax. Detailer dan wax tersebut mudah digunakan pada mobil dan meninggalkan kilauan yang sangat terang pada semua permukaan eksterior mobil yang tidak berpori.

Kunci dari menggunakan detailer adalah menyemprotkan produk dengan merata per-panel dan seka dengan kain mikrofiber dengan aksi lingkaran kecil. Gunakan di tempat yang teduh apa bila tidak memakai ICE® Series.

Mobil dengan usia dua sampai lima tahun: Jika kendaraan belum di wax selama beberapa tahun, kondisi pada lapisan cat akan berbeda-beda, tergantung dengan iklim setempat dan apakah mobil di simpan di dalam garasi. Biasanya, setelah beberapa tahun, pada pemakaian sehari-hari akan mulai mehilangkan cahaya/kilauan pada lapisan cat mobil tersebut.

Dua hal yang biasanya terjadi. Radiasi UV akan memulai proses yang dinamai “polymer scission” yang merupakan pecahan dari lapisan luar cat damar. Yang kedua dinamai pencemaran lingkungan, proses dimana hujan asam, polusi udara, tanah dan aspal jalan akan membuat endapan kotoran, dan/atau goresan ringan pada permukaan atas cat mobil. Dalam hal ini, a “cleaner wax”, contohnya Turtle Wax Carnauba Car WaxTurtle Wax Scratch & Swirl Remover dapat dipakai untuk menghilangkan kontaminasi pada permukaan cat. Gunakan Turtle Wax ICE® Wax seperti ICE Paste Wax dalam kurun waktu sebulan setelah menggunakan cleaner wax untuk menambah perlindungan dan kilauan.

Turtle Wax Scratch & Swirl Remover, dapat digunakan sebagai pre wax cleaner untuk menghilangkan baret-baret halus dan membersihkan oksidasi secara intensif sebelum menggunakan Turtle Wax ICE® Paste Wax. Biarpun ICE Paste Wax tahan hingga 1 tahun, ada bagusnya bila Anda me-wax setiap 3-6 bulan supaya lapisan wax tetap tebal dan selalu melindungi permukaan mobil dari cuaca. Gunakan Turtle Wax ICE® Synthetic Detailer ataupun ICE Spray Wax setelah cuci untuk melindungi wax sehingga tahan lama dan mempertahankan kilauan yang lebih lama.

Jangan lupa karet dan plastik trim! Trim Restorer sangat cocok untuk conditioning, memberi kilauan dan mengembalikan ke kondisi baru pada permukaan-permukaan tersebut juga. Mobil berusia lebih dari 5 tahun, dengan perawatan mobil yang minimal:

Jika mobil anda berusia lebih dari 5 tahun dan anda termasuk orang yang menunggu sampai hujan turun untuk mencuci mobil anda atau anda tidak mempunyai waktu untuk merawat mobil anda, belum telat waktunya untuk membuat mobil anda terlihat baru. Perawat mobil sekarang tidak memerlukan waktu yang panjang. Modern wax dan polish formulations lebih bagus dan mudah untuk digunakan. Aspal dan bahan-bahan kimia lainnya dapat menempel di mobil anda dari waktu ke waktu. Anda mungkin memerlukan pembersih khusus lainnya untuk menghilangkan noda-noda tersebut sebelum waxing, seperti Polishing Compound, Scratch & Swirl RemoverChrome & Metal Polish dan Bug & Tar Remover. Polishing compound akan lebih efektif dalam menghilangkan kotoran yang susah dibersihkan atau meminimalis efek dari goresan yang dalam. Scratch dan swirl remover sangat bagus untuk pre wax cleaner dan cocok bagi pengakhiran untuk aplikasi ICE Paste Wax. Kami merekomendasikan paste untuk situasi ini, karena paste lebih efektif untuk menutupi dan melindungi finish yang sudah lama. Untuk masa awal, wax kendaraan anda setiap tiga bulan pada tahun pertama, dan gunakan Detailer setelah setiap kali cuci mobil untuk hasil yang maksimal atau tambahkan Carnauba Cleaner Wax protection untuk menjaga kilauan pada mobil.

Mengapa waxing / polishing penting untuk kendaraan anda?

Waxes dan polishes mempunyai tiga peranan dasar

–  Membersihkan permukaan cat mobil

–  Meningkatkan kilauan

–  Melindungi permukaan mobil akibat lingkungan sekitar

Pada umumnya, waxes dan polishes mengandung abrasives yang sangat ringan (kecuali Turtle Wax ICE Series), bahan kimia untuk pembersihan (kecuali Turtle Wax ICE Series), pelicin dan waxes. Bahan kimia untuk pembersihan menghilangkan oksidasi pada permukaan dan menghasilkan mobil yang mengkilat. Lapisan wax berfungsi sebagai pelindung untuk permukaan mobil. Waxing dan pembersihan yang rutin membantu untuk mengurangi oksidasi dan memberikan lapisan pelindung agar mobil tetap terlihat baru.

Mengapa Turtle Wax mempunyai merek-merek yang berbeda-beda untuk Wax mobil? Bukankah mereka mempunyai fungsi yang sama?

Umumnya semua automotif wax dan produk-produk polish, membersihkan, mengkilatkan dan melindungi cat pada automotif dalam satu langkah. Usia pada kendaraan, keperluan pada finish mobil dan keinginan dari konsumer, mempengaruhi produk atau merek yang digunakan.

Perawatan mobil yang rutin adalah kunci utama untuk mendapatkan mobil yang mengkilap untuk waktu yang lama. Turtle Wax Carnauba Cleaner Wax berdasar dari formulasi Original Super Hard Shell. Produk itu memberikan kilauan yang tahan lama, carnauba wax protection dan wangi vanilla.

Turtle Wax ICE® Liquid Wax dan Paste Wax juga sama seperti yang lain tetapi hanya ICE Series yang dapat diaplikasikan untuk semua eksterior karet, plastik dan vinyl trim untuk mengembalikan warna dan kilauan tanpa meninggalkan jejak putih.

ICE® Paste Wax mempunyai fungsi yang sama tetapi juga memberikan exceptional, long lasting durability. Turtle Wax ICE® Series bisa di pakai di bawah matahari terik pun!

Apakah bedanya antara wax dan polish?

Penggunaan kata wax dan polish dapat digunakan secara bergantian pada zaman sekarang ini. Kebanyakan wax dan polish mengandung beberapa bahan pembersih kimia yang ringan (aman untuk lapisan clear coat) yang dapat menghilangkan wax lama, goresan yang ringan dan oksidasi harian. Semua produk-produk polish dan wax membersihkan, mengkilapkan dan melindungi, kecuali tercantum fungsi yang berbeda/spesial pada label.

Bahan kimia polishing cuma akan membersihkan dan mengkilapkan. Seperti yang selalu direkomendasikan, tes pada area kecil yang tidak mecolok dan selalu ikuti instruksi yang tertera di label belakang.

Wax dari Turtle Wax ICE Series tidak mengandung pembersih abrasif maupun kimia sehingga tidak akan menghilangkan wax lama dan sangat aman untuk semua permukaan eksterior mobil, furniture sampai kapal!

Berapa banyak lapisan wax/polish yang harus diaplikasikan? Apakah dengan tambahan lapisan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik?

Aplikasi lapisan wax tambahan tidak diperlukan jika hanya dilakukan sekali, namun, lapisan kedua dapat memberikan perlindungan di area yang mungkin anda tidak sengaja lewati sebelumnya. Lapisan wax kedua akan menambah kilauan pada finishes yang sudah lama.

Kami mengira perawatan mobil yang regular dan biasa dilakukan memerlukan 2-4 kali aplikasi lapisan wax dalam setahun. Perlu diingat, faktor lingkungan (seperti hujan asam dan polusi) yang kurang baik sekarang ini menyebabkan perlunya lebih sering waxing, terutama jika kendaraan anda sering digunakan dalam kondisi lingkungan tersebut.

Haruskah saya menggunakan applicator yang basah atau kering ketika sedang mengaplikasikan wax?

Turtle Wax tidak merekomendasikan agar melembabkan applicator untuk waxing. Jangan biarkan wax mengering terlalu lama yang membuat pembersihan susah. Bila terjadi, pakailah Turtle Wax ICE Synthetic Detailer untuk membuat permukaan lembab dan Detailer tersebut tidak mengangkat wax.

Tetapi, applicator yang lembab akan membantu pemakaian compound.

Apakah ada perbedaan antara liquid dan paste wax?

Tidak, tidak ada perbedaan dari sisi perlindungan yang diberikan dari masing-masing jenis. Turtle Wax memberikan dua pilihan untuk konsumernya. Beberapa orang lebih memilih liquid wax karena lebih mudah sewaktu diaplikasikan, sedangkan ada juga orang yang lebih menyukai paste karena mereka merasa hasil yang didapat lebih bagus dan tahan lama.

Kendaraan saya mempunyai lapisan clear coat, apakah masih memerlukan waxing?

Tentu saja!

Lapisan clear coat tetap perlu di wax, bukan hanya untuk melindungi kualitasnya dan menambah kilauan, tetapi juga untuk keuntungan “mar resistant” (Daya tahan suatu material untuk aksi abrasif). Masalah terbesar dengan lapisan clear coat sekarang ini adalah “mar resistance”. Finishes baru ini mampu menahan hancuran iklim lebih baik dari sebelumnya, namun, tanah, pasir, kotoran, kerikil jalanan, dan jenis-jenis kotoran lainnya dapat menyebabkan clear top coat menjadi kusam/tidak mengkilat lagi dalam waktu yang cepat. Waxing meninggalkan selapis wax licin yang dapat membantu untuk menghindari gesekan-gesekan ringan ini untuk terjadi. Wax 2-4 kali setahun untuk perlindungan yang maksimal.

Gunakan Turtle Wax ICE Paste Wax dengan hasil dan jangka proteksi yang paling lama.

Bagaimana caranya menghilangkan sisa wax dari trim hitam?

Turtle Wax ICE Detailer dengan sikat gigi bekerja sangat baik. Dilanjuti dengan mengaplikasikan Turtle Wax Trim Restorer supaya sisa wax tidak gampang menempel pada trim plastik.

Alternatively, gunakan Turtle Wax ICE Series yang tidak akan meninggalkan sisa wax serbuk putih!

Bolehkah saya menggunakan orbital buffer dengan produk-produk wax anda?

Pada umumnya, berbagai Turtle Wax line of liquid polishes dan compounds (Polishing & Rubbing) dapat digunakan dengan orbital buffers. Kami merekomendasikan untuk menggunakan kain terry bonnet karena tidak menyebabkan goresan, lebih murah dan lebih mudah dicuci untuk dipakai lagi.

Teknik adalah aspek yang paling penting, menurut profesional detailers kami. Liquid/paste polish/waxes masih harus diaplikasikan dengan tangan, didiami sampai kering, dan sisa wax nya dibersihkan dengan tangan. Jika tidak, bonnet buffer akan membentuk endapan dengan cepat sehingga pad akan meninggalkan sisa-sisa seperti tepung, dan menghilangkan kilauan pada mobil.

Boleh saya menggunakan wax pada decals?

Boleh, selama decal masih halus dan mengkilap. Jangan menggunakan wax pada permukaan yang matte, atau decal matte. Pertama-tama,selalu coba di area kecil yang tidak mencolok.

Supaya tidak akan ada sisa wax (sebuk putih) yang menempel pada pinggir decal tersebut, gunakanlan Turtle Wax ICE Series, bahkan Paste Wax kami tidak akan meninggalkan sisa serbuk putih!

Mengapa beberapa waxes susah untuk dibersihkan setelah kering?

Beberapa waxes mungkin lebih susah untuk dibersihkan di cuaca yang panas ataupun dibawah matahari. Jika mobil anda di rawat secara rutin, waxing tidak akan susah dengan liquid atau paste.

Jika Anda merasa membersihkan sisa wax terlalu susah, semprotkan Turtle Wax ICE Synthetic Detailer kepada wax yang sudah mengering untuk mempermudah pembersihan. Bersihkanlah wax dengan menggunakan kain mikrofiber.

Apakah bedanya antara wax dan detailer?

Detailers mengandung kilauan dan perlindungan polimer untuk memperbarui kilauan dan perlindungan. Detailers tidak mengandung bahan pembersih dan dapat digunakan untuk semua permukaan eksterior, termasuk kaca. Detailers melengkapi perlindungan dan kilauan antara regular waxing.

Detailers dapat digunakan secara individual untuk kilauan yang cepat dan untuk mengangkat debu ringan dan kotoran berminyak seperti sidik jari dengan mudah. Pakailah kain Microfiber dengan Detailer.

Berapa lama wax dapat bertahan jika saya simpan? Apakah ada tanggal kadaluwarsa seperti makanan?

Produk-produk perawatan mobil tidak dapat rusak seperti makanan. Namun, jika produk tidak dipakai dalam setahun atau dua tahun, akan lebih baik untuk menggunakan produk yang baru.

Seberapa seringkah harus me-wax mobil?

Seberapa sering kita mengewax akan tergantung dengan wax yang kita pakai, cuaca (hujan dan terik matahari), polusi maupun ekspektasi kita terhadap mobil.

Secara garis besar, wax mobil anda setiap 3 – 4 kali setahun untuk hasil optimal.

Bagaimana akan clear coat wax bekerja di older finish?

Clear coat finishes sudah tersedia di mobil-mobil untuk lebih dari 20 tahun. Sekarang ini 99% dari semua kendaraan mempunyai clear coat finish yang modern. Auto waxes diformulasikan untuk digunakan dengan baik untuk finishes yang baru dan lama. Jika kendaraan belum dirawat untuk beberapa waktu, gunakanlah Carnauba Cleaner Wax. Itu akan membersihkan dengan hasil yang lebih baik.

Apakah ada wax yang aman untuk digunakan di bawah sinar matahari?

Turtle Wax ICE sangat menyukai sinar matahari. Anda dapat mengaplikasikan di kondisi yang sangat panas dan ICE juga aman terhadap semua permukaan eksterior mobil Anda!

Apakah perbedaan antara polimer dan silikon?

Ada beberapa macam polimer yang digunakan di wax mobil. Polimer biasanya memberikan daya tahan dan/atau menutupi cat automotif dari goresan yang berasal dari lingkungan. Silikon adalah bahan untuk menambah kilauan.

Apa yang dapat saya gunakan pada spoiler saya yang memudar?

Pre clean dengan Polishing Compound atau Scratch & Swirl Remover. Gunakan wax setiap dua atau tiga bulan sekali.

Ada banyak produk convenience spray wax di pasaran. Apakah mereka bekerja sama dengan produk liquid atau paste wax?

Tidak ada pengganti untuk liquid atau paste wax yang berkualitas bagus. Namun, trend auto appearance sekarang ini menuju pada produk-produk convenience wax.Turtle wax menawarkan produk spray wax yang cepat dan convenient: Turtle Wax ICE Spray Wax. Dua produk ini sangat cocok untuk auto enthusiast yang tidak memerlukan banyak waktu untuk merawat mobil. Hanya dengan menyemprotkan wax dan lap keatas kendaraan yang telah dicuci.

ICE Spray Wax aman untuk semua permukaan eksterior mobil termasuk plastik, krom, plastik bahkan kaca!