Get Out There And Shine™

Tips Mencuci Mobil Sendiri Agar Mobil Bersih dan Berkilau

Tips Mencuci Mobil Sendiri Agar Mobil Bersih dan Berkilau

wash

Ketika musim hujan tiba, rutinitas mencuci mobil tentunya akan lebih banyak dan lebih sering dilakukan, mencuci mobil memang terlihat mudah tapi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar cat mobil tetap bersinar setelah dicuci. Dr. OTO akan memberikan beberapa tips mencuci mobil :

TAHAP PERSIAPAN:

Sebelum melakukan cuci mobil ada baiknya kita mempersiapkan perlengkapanya :

  1. Ember untuk mencairkan shampoo.
  2. Selang yang terhubung pada keran air.
  3. Sikat ijuk untuk menyikat ban.
  4. Kuas ijuk yang lembut untuk membersihkan lipatan dan sela-sela sempit pada mobil.
  5. Plas Chamois.
  6. Sponge yang berpori besar khusus untuk mencuci mobil.
  7. Kain microfiber.
  8. Interior Cleaner (Recommended by Dr.OTO gunakan STP Tuff Stuff).

TAHAP PENCUCIAN  (PEMBERSIHAN EXTERIOR MOBIL):

Parkir mobil di tempat teduh dan terhindar dari matahari, agar sisa air atau shampoo tidak cepat mengering yang dapat menimbulkan bercak pada lapisan cat. Apabila cat dalam keadaan panas sebaiknya didinginkan terlebih dahulu sebelum dicuci agar cat tidak mudah pudar, beberapa tahapan pencucian :

  1. Keluarkan karpet kaki dari dalam mobil secara hati-hati agar kotoran di karpet tidak tumpah dan menyebar kebagian lain, sebelum karpet dicuci sebaiknya debu dan kotoran dibuang terlebih dahulu.
  2. Siram seluruh body mobil dengan air yang mengalir dari selang, ujung selang agak ditekan agar semprotan lebih kencang sehingga dapat melunturkan debu dan pasir yang menempel pada body mobil dan mulailah dari bagian atas terlebih dahulu, kemudian kap mesin, body mobil terakhir bagian bawah mobil termasuk ban.
  3. Cairkan Turtle Wax ICE Car Wash (1 tutup botol bisa untuk 4 liter air) dalam ember dengan air dan basahi sponge dengan cairan shampoo, mulailah menyabuni mobil dari bagian atas terlebih dahulu kemudian kaca, kap dan body mobil terakhir ban.
  4. Gunakan kuas untuk membersihkan grill dan celah-celah bamper baik depan maupun belakang hingga bersih. Setelah itu bersihkan kuas dan jemur agar kering agar dapat dipergunakan untuk membersihkan interior.
  5. Membersihkan ban gunakan sikat dan gunakan sponge untuk velk, khusus velk sebaiknya menggunakan pembersih khusus velk Dr. OTO menyarankan menggunakan  Turtle Wax ICE ALL Wheel and Tire Cleaner cukup disemprotkan tunggu sebentar dan bilas dengan air mengalir lalu keringkan.
  6. Setelah semua body mobil tersabuni, kemudian bilas dengan air mulai dari atas terlebih dahulu, lalu keringkan dengan plash chamois termasuk celah-celah pintu bagian dalam terutama bagian bawah pintu mobil.
  7. Setelah dikeringkan sebelum disemprot Turtle Wax Ice detailer, ada baiknya diperhatikan kembali cat mobil apakah ada bercak aspal, kotoran burung yg masih menempel atau sisa serangga yang menempel karena noda ini tergolong sulit dihilangkan dan tidak akan larut hanya dengan shampoo, untuk itu gunakan Turtle Wax Tar & Bug Remover, cukup di oleskan dan lap dengan lap bersih.
  8. Setelah semua tahapan diatas selesai mulailah menyemprotkan Turtle wax ICE Synthetic Detailer / Turtle Wax ICE Synthetic Polish bagian perbagian panel mobil dan ratakan dengan sponge atau kain microfiber biarkan sesaat dan keringkan dengan kain microfiber hingga cemerlang.
  9. Terakhir keringkan ban dan semprotkan pengkilap ban agar mobil tampil cemerlang Dr. OTO merekomendasikan untuk menggunakan produk Turtle Wax ICE Tire Shine selain membuat ban mengkilap tahan lama juga dapat membuat ban terhindar dari keretakan dan getas.

Demikian Tips Dr. OTO semoga bermanfaat, nantikan tips berikutnya.

Turtle Wax adalah salah satu produk terbaik dari Amerika yang dikhususkan untuk perawatan kendaraan Anda.