Get Out There And Shine™

Perawatan Mobil Saat Musim Hujan

Perawatan Mobil Saat Musim Hujan

 

Pada saat musim hujan seperti sekarang ini, memang ribet semua, apalagi kalau kita hidup di kota besar, udah ujan, macet, dan kadang kadang ketambahan, lampulalu lintas matu, sudah deh…rasanya pingin ninggalin mobil ditengah jalan terus kita jalan kaki.

Disaat musim hujan seperti ini, yang wajib untuk diperhatikan pada mobil ada 5 bagian tips:

 

MINYAK REM

Minyak Rem perlu diganti setiap 20.000 Km, karena cairan rem bersifat higroskopis (menyerap kelembapan) dengan demikian apabila kendaraan sering melalui genangan air atau hujan maka kelembapan akan semakin tinggi dan dengan demikian maka semakin banyak air yang diserap cairan minyak rem sehingga dapat menyebabkan menurunnya ketahanan cairan minyak rem terhadap panas (titik didih minyak rem semakin rendah).

Tipsnya adalah sbb :

  1. Kuras minyak rem ketika musim hujan tiba dan kuras kembali setelah musim hujan telah berlalu.
  2. Gunakan hanya STP Minyak Rem DOT 3 karena sudah terbukti sebagai minyak rem terbaik (Versi Majalah Mobil Motor) selain dry boiling point yang tinggi diatas standarisasi FMVSS no.116 meets SAE spec.J1703 untuk DOT 3. dan telah mendapatkan serifikat SNI.
  3. Pastikan kanvas rem dalam keadaan layak rem atau ketebalannya masih diatas toleransi, ganti bila telah tipis.
  4. Bersihkan sistem rem dengan menggunakan PENRAY Brake Cleaner agar pengereman lebih maksimal.

 

FUEL SYSTEM

Terakhir adalah fuel system karena hal ini sering sebagai biang masalah mobil ngadat, terutama saat musim hujan karena kelembapan udara dan air yang tak sengaja ikut masuk ke dalam tangki dapat menyebabkan mesin tidak mampu menjalankan tugasnya secara maksimal

Tipsnya adalah sbb :

  1. Kuras tangki bahan bakar, ganti filter bahan bakar apabila sudah terlihat kotor dan pastikan tidak ada kebocoran pada selang sistem bahan bakar.
  2. Campurkan STP Complete Fuel System Cleaner dalam bensin setiap 5000 Km dan campurkan STP Petrol Treatment untuk mengangkat air dalam bahan bakar atau sistem bahan bakar.
  3. Apabila dirasa tarikan masih tidak maksimal ada baiknya menggunakan STP Fuel Injector Cleaner untuk membantu membersihkan Injector dari varnis, sludge dan carbon yang menempel di kepala injector.

 

MENCUCI MOBIL

Mobil akan lebih sering dicuci saat musim hujan, namun perlu diperhatikan beberapa hal agar cat mobil tidak baret akibat lumpur atau pasir yang menempel.

Tipsnya adalah sbb :

  1. Semprot body mobil dengan air yang mengucur deras supaya pasir atau lumpur terlepas .
  2. Gunakan sponge dengan pori-pori besar yang bertekstur lembut (sediakan 2 sponge 1 untuk body dan 1 untuk bagian bawah termasuk ban)
  3. Gunakan shampoo mobil khusus yang memiliki PH Netral dan berbuih saran Dr. OTO gunakan produk Turtle Wax ICE Synthetic Car Washselain berkonsentrasi tinggi, produk ini juga dapat menjaga cat agar tetap cemerlang dengan busa berlimpah.
  4. Keringkan dengan menggunakan Chamois dan kain microfiber.

 

ANTISIPASI TERJADINYA KARAT :

Perhatikan bagian bawah mobil termasuk spakbor dan kolong apakah ada indikasi karat, apabila ada indikasinya maka sebaiknya di bersihkan dengan cara diamplas atau dibersihkan dengan cairan penetrant seperti AP-75 atau Penray PR-3 setelah itu keringkan lalu semprotkan Penray undercoat yang dirancang untuk melindungi dari karat dan oksidasi.

Tipsnya adalah sbb :

  1. Cuci steam bagian kolong mobil
  2. Pastikan bagian yang berkarat sudah dibersihkan.
  3. Tutup ban dengan kertas koran agar cairan undercoat tidak mengenai ban.
  4. Semprotkan Penray Undercoatsecara merata mulai dari spatbor dan bagian lain yang rentan berkarat, seperti lekukan plat pada panel bagian bawah mobil, lantai bagian bawah, panel pintu bagian dalam dll..
  5. Setelah penyemprotan sebaiknya didiamkan beberapa jam agar undercoat benar-benar kering.
  6. Setelah penyemprotan perhatikan kembali semua bagian yang telah disemprot dan pastikan bagian tersebut tertutup flintcoat dengan sempurna.

 

CAIRAN WIPER

Nah ini dia yang penting saat hujan karena cipratan lumpur dari kendaraan lain sering mampir dikaca depan dan hal ini menggangu penglihatan. Tipsnya adalah sbb :

  1. Bersihkan bagian dalam tabung wiper dari kotoran yang menempel untuk mencegah wiper buntu.
  2. Isi dengan air bersih dan akan lebih baik apabila dicampur cairan pembersih khusus untuk wiper seandainya tidak ada campurkan sabun pencuci piring agar lumpur atau pasir tidak sampai menggores kaca.
  3. Gunakan peniti atau jarum untuk mencungkil kotoran pada lubang wiper agar semprotan air lebih terarah dan maksimal.

 

Turtle Wax adalah salah satu produk terbaik dari Amerika yang dikhususkan untuk perawatan kendaraan Anda.